PENGERTIAN SEKRETARIS
Sekretaris adalah sebuah profesi administratif
yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja
kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas
administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya. Pekerja atau karyawan
ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan pengaturan agenda.
Mereka biasanya bekerja di belakang meja. Sebagian besar sekretaris adalah
wanita.
Di dunia kerja saat ini ada lagi
profesi yang merupakan perkembangan dari sekretaris yaitu asisten pribadi (PA
atau Personal Assistant). Perbedaan dari PA dan sekretaris adalah PA
lebih bertanggung jawab untuk satu orang saja, dalam hal ini eksekutif atau bos
yang mempekerjakan dirinya. Sedangkan sekretaris lebih bertanggung jawab kepada
perusahaan secara umum.
Namun di beberapa perusahaan, tentu
saja hampir tidak ada perbedaan di antara sekretaris dan PA. Seperti contohnya
di Indonesia, umumnya sudah menjadi kebiasaan bila sekretaris kadang juga
membantu hal-hal personal dari si bos yang berhubungan dengan kerja. Lain
halnya misalnya di Hongkong contohnya di mana dunia kerja di sana lebih
profesional. Perbedaan antara PA dan sekretaris ini sangat kentara.
Sekretaris identik pula dengan mode
dan gaya dalam berbusana ke kantor. Sudah menjadi rahasia umum bila sekretaris
mempunyai tampilan yang menarik sebagai citra dari atasan yang diwakilinya.
Pengertian Sekretaris menurut para
Ahli,
ada banyak pengertian sekretaris dari para ahli yang berkembang saat ini. Di
bawah ini beberapa diantaranya:
- Menurut Webster New Dictionary of American Language College: Secretary is a person employed to keep record, take care correspondence and other writing task, etc, for organization or individual.
- Menurut C. L Barnhart: Sekretaris adalah orang yang melakukan korespondensi, memelihara warkat dan lainnya, untuk perorangan atau organisasi; seorang kepala pejabat pemerintah yang mengawasi dan memimpin suatu departemen pemerintahan tertentu; sebuah perabotan untuk dipakai sebagai meja tulis; sebuah meja dan rak buku di atasnya.
- Menurut H. W Fowler dan F. G Fowler: Sekretaris adalah orang yang bekerja pada orang lain untuk membantu dalam korespondensi, pekerjaan tulis, mendapatkan informasi, dan masalah-masalah lain; pegawai yang ditunjuk oleh masyarakat, perusahaan, atau perserikatan untuk melakukan korespondensi, memelihara warkat-warkat, terutama yang berurusan dengan perusahaannya; menteri yang mengepalai kantor pemerintahan.
- Menurut Louis C. Nahassy dan William Selden: Sekretaris adalah pegawai kantor yang karena kedudukannya memiliki tanggung jawab yang lebih daripada tanggung jawab seorang stenografer. Tugas-tugasnya biasanya meliputi pengambilan dan penyalinan dikte (menyalin apa yang disampaikan oleh pimpinan ke dalam bentuk tulisan, biasanya yang didiktekan adalah konsep surat) yang berurusan dengan publik, menjawab telepon, mengundang pertemuan, membuat perjanjian, serta memelihara atau mengarsip warkat-warkat dan surat-surat. Seorang sekretaris sering bertindak sebagai seorang pembantu administrasi atau pimpinan muda.
- Menurut M. Braum dan Roman: Sekretaris adalah pembantu dan seorang pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa atau mengingatkan pimpinannya mengenai kewajiban yang sudah dijanjikan, dan melakukan banyak kewajiban lain yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan pimpinannya tersebut.
Dari beberapa pengertian
sekretaris menurut para ahli di atas, jelas bahwa sekretaris bukan sekadar
pembantu pimpinan, tetapi juga seseorang dengan kualifikasi tugas, pekerjaan,
dan tanggung jawab yang sangat tinggi. Seorang pimpinan memiliki tugas dan
tanggung jawab besar dalam memimpin dan mengelola organisasi atau perusahaan,
dan mengurus perjanjian (appointement), administrasi,
mengatur rapat, hingga korespondensi. Semua tugas pimpinan tersebut akan
menjadi maksimal jika ada seorang sekretaris yang mendampinginya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar